Perbedaan Adhi Makayasa dengan Tri Sakti Wiratama

Perbedaan Adhi Makayasa dengan Tri Sakti Wiratama

Perbedaan Adhi Makayasa dan Tri Sakti Wiratama – Hallo pembaca setia TARUNAAKADEMI lama sekali saya tidak menulis artikel pada blog TARUNAAKADEMI. Untuk memulai kembali saya akan mencoba menuliskan sebuah artikl dengan tema, Adhi Makayasa dan Tri Sakti Wiratama, tema itu sangat berkaitan sekali dengan AKMIL AAL AAU dan AKPOL. Karena setiap tahunnya sekolah militer tersebut melahirkan seorang Adhi Makayasa.

APA ITU ADHI MAKAYASA DAN TRI SAKTI WIRATAMA?

Untuk teman teman yang yang belum mengetahui apa itu Adhi Makayasa dan Tri Sakti Wiratama, mari kita simak pengertian mengenai Adhi Makayasa dan Tri Sakti Wiratama yang akan saya coba jelaskan secara singkat dan padat. Ikuti penjelasan Apa Itu Adhi Makayasa dan Tri Sakti Wiratama dibawah ini.


Adhi Makayasa dan Tri Sakti Wiratama – Adhi Makayasa adalah sebuah penghargaan yang diperuntukan kepada lulusan terbaik dari masing masing angkatan baik itu dari Akademi TNI maupun Akademi Kepolisian. Sedangkan Tri Sakti Wiratama adalah Prestasi tertinggi yang diberikan kepada Taruna atau Taruni Akademi TNI ataupun Akademi Kepolisian, dalam bentuk gabungan tiga aspek yaitu, mental, fisik, dan intelek. Penghargaan ini diberikan kepada Taruna atau Taruni pada saat pelaksanaan Praspa (Prasetya Perwira) dan Sumpah Perwira.

Untuk mendapatkan penghargaan Adhi Makayasa tidaklah mudah, para Taruna dan Taruni harus berjuang esktra keras sehingga dapat menggungguli secara prestasi, akademik, mental, fisik, dan intelek sesama Taruna seangkatannya. Ditengah latihan fisik yang menguras fisik, para Taruna juga harus fokus terhadap materi pelajaran pada saat kuliah. Sungguh bukan hal yang mudah, karena lulusan Akademi TNI atau AKPOL harus berjuang ekstra keras dari awal masuk sampai mereka dilantik, namun tetap dapat menjaga ke empat aspek diatas.

Perbedaan Adhi Makayasa dengan Tri Sakti Wiratama

Jika kita melihat track record peraih Adhi Makayasa, banyak sekali peraih Adhi Makayasa yang menjadi tokoh di negeri ini, salah satunya adalah Presiden RI ke 6 yaitu, Bapak Jend (Purn). Susilo Bambang Yudhoyono, Bapak SBY merupakan salah satu Taruna yang dapat meraih Adhi Makayasa dan Tri Sakti Wiratama secara bersamaan pada tahun 1973. Sekian informasi mengenai Adhi Makayasa dan Tri Sakti Wiratama yang dapat saya sampaikan, pada artikel selanjutnya saya akan menuliskan tokoh tokoh yang meraih penghargaan Adhi Makayasa sejak tahun 1970 sampai dengan 2015. Jangan lupa untuk join di Grup Facebook TARUNAAKADEMI.

Related Posts

Load comments

Comments