Daftar Kesatuan dan Daftar Kecabangan TNI Angkatan Darat

DAFTAR KECABANGAN TNI ANGKATAN DARAT

Daftar  Kesatuan dan Daftar Kecabangan TNI Angkatan Darat – Selamat pagi kawan TARUNAAKADEMI, terima kasih sudah mampir ke blog TARUNAAKADEMI. Sebelum saya menuliskan isi tulisan ini, saya mohon support untuk blog ini, dengan cara Share dan Bagikan tulisan tulisan pada blog TARUNAAKADEMI ini ke sosial media kalian, satu Share kalian sudah sangat membantu saya dalam mengambangkan blog ini. Jangan lupa kalian juga harus LIKE Fanpage Facebook TARUNAAKADEMI disini, dan kalian juga bisa join ke Group Facebook kita disini. Cara ini mempermudah kalian untuk mendapatkan informasi informasi terbaru dari blog TARUNAAKADEMI.

Setelah kemarin saya banyak mengulas tentang sekolah kedinasan TNI dan Polri, maka pada kesempatan kali ini saya akan menuliskan sebuah tema Daftar Kecabangan TNI Angkatan Darat. Karena nantinya jika kalian sudah lolos seleksi masuk TNI atau POLRI, lalu kalian dinyatakan lulus dari pendidikan, maka kalian akan ditempatkan ke kesatuan atau kecabangan. Pada tulisan ini hanya akan membahas Daftar Kecabangan TNI Angkatan Darat saja, namun dilain kesempatan, saya akan menuliskan daftar kecabangan dari matra matra lainnya juga.

Daftar Kecabangan TNI Angkatan Darat – Dari berbagai sumber yang sudah saya kumpulkan, ternyata TNI Angkatan Darat (TNI AD) hanya memiliki 3 kecabangan inti, berikut ini merupakan Daftar Kecabangan TNI Angkatan Darat yang sudah saya rangkum:

  1. Satuan Tempur (Satpur).
  2. Satuan Bantuan Tempur (Satbanpur).
  3. Satuan Bantuan Administrasi (Satbanmin).


Jika kita sama sama lihat kesatuan inti diatas, hanya terdapat 3 satuan inti pada TNI Angkatan Darat, yang kesemuanya saling tarkait dan saling membutuhkan. Tidak bisa kita menilai kesatuan mana yang paling bagus dan paling baik? Tidak ada istilah seperti itu. Kesemua satuan diatas memiliki peran dan tanggung jawab yang sama dan saling membutuhkan satu sama lain.

Daftar Kecabangan di TNI-AD
Daftar Kecabangan di TNI-AD

DAFTAR KECABANGAN TNI ANGKATAN DARAT # SATUAN TEMPUR (SATPUR)

Dalam Satuan Tempur (Satpur) ternyata terdapat kesatuan didalamnya, berikut ini kesatuan Satuan Tempur di TNI Angkatan Darat:

  1. Infanteri (INF), pasukan ini memiliki ciri khas yang sangat mudah dikenali, pasukan Infanteri menggunakan baret hijau. Pasukan ini spesialis pasukan pejalan kaki, selain itu pasukan Infanteri merupakan pasukan terbesar yang dimiliki TNI Angkatan Darat. Jika kalian pernah mendengar nama KOPASSUS atau KOSTRAD, pasukan KOPASSUS dan KOSTRAD merupakan bagian dari kesatuan Infanteri.
  2. Kavaleri (KAV), ciri mudah untuk mengenali kesatuan Kavaleri adalah dari baret yang digunakan, baret yang digunakan adalah baret berwarna hitam. Kesatuan ini mempunyai fungsi utamanya sebagai pasukan Bantuan Tempur (Banpur) yang mobile. Pasukan Kavaleri menggunakan Tank dan Panser dalam menjalankan tugasnya, namun pasukan Kavaleri juga sewaktu waktu dapat menggunakan kuda dalam tugas operasinya, tentunya kuda yang sudah dilatih yang dipersiapkan di medan perang.
  3. Artileri (ARM), pasukan ini menggunakan baret coklat, tugas utama dari pasukan Artileri adalah pasukan dengan spesialis senjata berat. Pasukan Artileri juga pasukan bantuan tempur yang tugasnya adalah sebagai bantuan tempur darat untuk membantu pasukan infanteri di medan pertempuran.
  4. Artileri Pertahanan Udara (ARH), pasukan ini biasa juga disebut ARHANUD, ciri utama pasukan ini adalah menggunakan baret coklat sama halnya dengan baret yang digunakan pasukan Artileri. Fungsi utama dari pasukan ini adalah menahan serang musuh dari udara dan membantu mengamankan objek darat.

DAFTAR KECABANGAN TNI ANGKATAN DARAT # SATUAN BANTUAN TEMPUR (SATBANPUR)

  1. Zeni (CZI), pasukan ini merupakan pasukan teknik yang dimiliki TNI Angkatan Darat, karena pada pasukan zeni terdapat fungsi tugasnya sebagai bantuan tempur, konstruksi, dan bangunan perang. Pasukan Zeni juga memiliki fungsi lain sebagai pasukan yang dapat memperluas gerak pasukan kawan dan dapat mempersempit gerak lawan. Baret yang digunakan oleh pasukan Zeni adalah baret dengan warna abu abu.
  2. Penerbang (CPN), pasukan ini merupakan pasukan yang ditugaskan untuk mobile udara sebagai penembak dari udara dan pengintaian udara. Pasukan ini menggunakan baret merah.
  3. Peralatan (CPL), pasukan ini mempunyai tugas untuk merawat seluruh alat alat tempur dan uji coba alat tempur.
  4. Perhubungan (CHB), fungsi utama dari pasukan ini adalah menyampaikan dan menjaga informasi sebaik mungkin kepada satuan tempur yang ada dilapangan ataupun dikomando pusat. Pasukan ini menggunakan baret berwarna hijau.

DAFTAR KECABANGAN TNI ANGKATAN DARAT # SATUAN BANTUAN ADMINISTRASI (SATBANMIN)

  1. Polisi Militer (CPM), kesatuan ini khusus menjaga disipilin militer dan pengurusan hukum militer. Pasukan Polisi Militer menggunakan baret berwarna biru muda dalam tugasnya.
  2. Ajudan Jenderal (CAJ), kesatuan ini mempunyai tugas utama sebagai pengurus administrasi militer dan umum, serta urusan dalam lainnya.
  3. Pembekalan dan Angkutan (CBA), fungsi utama dari pasukan ini adalah memfasilitasi berpekalan dan angkutan serta penyedia logistik tempur dan angkutan perang. Pasukan ini menggunakan baret berwana biru tua.
  4. Topografi (CTP), kesatuan ini ditugaskan untuk membuat peta tempur dan topografi lainnya.
  5. Kesehatan Militer (CKM), kesatauan Kesahatan Militer mempunyai tugas utama sebagai pembina kesehatan prajurit.
  6. Keuangan (CKU), kesatuan ini ditugaskan untuk melakukan administrasi keuangan militer.
  7. Hukum (CHK), tugas kesatuan ini adalah untuk membina hukum dan peradilan militer.

Perlu anda ketahui tidak semua kesatuan memiliki atau menggunakan baret. Kesatuan kesatuan diatas merupakan kesatuan yang saling terkait, tidak ada yang lebih baik dan tidak ada yang lebih jelek, karena jika ada satu saja kesatuan yang tidak berjalan dengan baik, maka akan berdampak pada kesatuan lainnya. Seperti yang sudah saya jelaskan tadi, kesatuan kesatuan ini saling terkait tugas dan kerjasamanya untuk menjadikan TNI Angkatan Darat semakin baik dari waktu ke waktu. Sekian informasi Daftar Kecabangan TNI Angkatan Darat yang dapat saya sampaikan, semoga tulisan ini dapat menambah informasi dan pengetahuan anda, khususnya bagi calon prajurit TNI Angkatan Darat.

Related Posts

Load comments

Comments