Sekilas Profil Pasukan Elite KOSTRAD TNI AD

KOSTRAD TNI AD

Pasukan Elite KOSTRAD TNI AD – KOSTRAD TNI AD atau yang biasa disebut Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat merupakan bagian dari KOTAMA (Komando Utama) yang diberada di jajaran TNI Angkatan Darat. Banyak orang mengira bahwa KOSTRAD TNI AD sama dengan KOPASSUS, padahal keduanya sangatlah berbeda. Pada militer Indonesia terdapat dua macam kriteria pasukan khusus, mari kita lihat penjelasannnya dibawah ini yang sudah TARUNAAKADEMI rangkum dari berbagai sumber yang dapat dipercaya:
  1. Pasukan Komando
  2. Pasukan Khusus non Komando

PASUKAN KOMANDO – CIRI DARI PASUKAN KOMANDO ADALAH SEBAGAI BERIKUT:

  1. Mempunyai organisasi sendiri, struktur organisasinya jelas, dimulai dari atas sampai kebawah, dan tentunya tidak terikat oleh KOTAMA secara langsung.
  2. Bekerja atas perintah Panglima TNI.
  3. Jenis dan mekanisme pelatihan, serta keunikan dari pasukan tersebut.
  4. Sering terlibat dalam penugasan khusus, baik penugasan matra atau listas matra.
  5. Komandan pasukan ini biasanya disebut Danjen (Komandan Jenderal)
  6. Contoh Pasukan Komando adalah Kopassus (TNI AD) dan Korpaskhasau (TNI AU)

PASUKAN KHUSUS NON KOMANDO (PASUKAN KHUSUS IRREGULER) – CIRI DARI PASUKAN KHUSUS NON KOMANDO ADALAH SEBAGAI BERIKUT:

  1. Pasukan ini dibawah KOTAMA langsung.
  2. Jenis pelatihannya tidak menekankan kepada perorangan karena orientasi pasukan ini adalah kemampuan regu, namun ada juga dari beberapa personel yang mempunyai keahlian perorangan yang disesuaikan dengan kebutuhan dan penugasan.
  3. Contoh Pasukan Khusus Non Komando adalah Raider (KOSTRAD), TON TAI PUR (KOSTRAD)

APA ITU KOSTRAD TNI AD?

Okey saya akan mempersingkat saja penjelasannya, agar pembaca tidak terlalu bingung memahaminya. Singkatnya KOSTRAD TNI AD berasal dari Korps Kesenjataan yang digabungkan dalam satu Komando Tempur. Kepangkatan pasukan ini tetap pada korps kecabangan masing masing, penggunaan baretnyapun mengikuti kecabangannya masing masing, kecuali untuk Batalyon ZIPUR dan detasemen detasemen non tempur (baretnya menggunakan baret hijau dengan lambangnya sama dengan Yon Infanteri Kostrad. Meskipun KOSTRAD TNI AD berasal dari berbagai macam kecabangan, namun tetap hampir semua pasukan KOSTRAD TNI AD 80% sampai dengan 90% nya berasal dari kecabangan infanteri.

DIVISI INFANTERI KOSTRAD TNI AD

Sampai saat ini KOSTRAD TNI AD mempunyai dua DIVISI, berikut ini Divisi yang ada pada KOSTRAD:
  1. Divisi Infanteri 1 / KOSTRAD, bermarkas di Cilodong, Depok.
  2. Divisi Infanteri 2 / KOSTRAD, bermarkas di Singosari, Malang.

Prajurit KOSTRAD

FUNGSI KOSTRAD TNI AD

Tugas utama KOSTRAD adalah membina kesiapan operasional untuk setiap jajaran komandonya, serta melakukan operasi pertahanan keamanan sesuai dengan kebijakan Panglima TNI. Saat ini Komandan KOSTRAD atau biasa disebut PANGKOSTRAD (Panglima KOSTRAD) dijabat oleh Letnan Jenderal Edy Rahmayadi, yang sebelumnya menjabat sebagai Panglima KODAM I / Bukit Barisan.

Saya mohon support untuk blog ini, dengan cara Share dan Bagikan tulisan tulisan pada blog TARUNAAKADEMI ini ke sosial media kalian, satu Share kalian sudah sangat membantu saya dalam mengambangkan blog ini. Jangan lupa kalian juga harus LIKE Fanpage Facebook TARUNAAKAMDEM disini, dan kalian juga bisa join ke Group Facebook kita disini. Cara ini mempermudah kalian untuk mendapatkan informasi informasi terbaru dari blog TARUNAAKADEMI.

Related Posts

Load comments

Comments