Perjalanan Jenjang Karir Perwira Lulusan AKMIL

JENJANG KARIR PERWIRA LULUSAN AKMIL


Perjalanan Jenjang Karir Perwira Lulusan AKMIL – Pada tulisan kali ini TARUNAAKADEMI akan memberikan gambaran mengenai Jenjang Karir Perwira Lulusan AKMIL, karena banyak sekali yang bertanya kepada saya melalui Group Facebook dan Official Facebook TARUNAAKADEMI. Oleh karena itu saya akan menjelaskan secara singkat namun padat, sehingga kawan kawan akan lebih memahami seperti apa nantinya jika kalian lulus dari Akademi Militer. Namun sebaiknya anda memahami dahulu jalur apa saja bagi pemuda dan pemudi Indonesia yang ingin menjadi Anggota TNI, khususnya TNI-AD. Berikut ini merupakan penjelasan mengenai Jenjang Karir Perwira Lulusan AKMIL.

Macan Tidar


BACA JUGA! Tahapana Seleksi Brigadir Polisi Tahun 2017

JENJANG KARIR PERWIRA LULUSAN AKMIL – JALUR PENDIDIKAN YANG ADA DI TNI-AD

TAMTAMA AD – Secata PK (Sekolah Calon Tamtama Prajurit Karir)

Setelah anda lulus dari Secata PK maka pangkat yang akan anda dapatkan adalah PRADA (Prajurit Dua). Lama pendidikan siswa Secata PK adalah 4 bulan melalui Rindam untuk masing masing KODAM, lalu dilanjutkan dengan Pendidikan Tahap II untuk menempuh Dikjur (Pendidikan Kejuruan) sesuai dengan kecabangan masing masing. Sekedar informasi kecabangan Arhanud di Karang Ploso, kecabangan Kavaleri, Armed, Peralatan, Pembekalan dan Angkutan, Polisi Militer di Bandung, kecabangan Zeni di Bogor, kecabangan kesehatan di Jakarta, dan kecabangan Infanteri di masing masing KODAM.

BINTARA AD

Lulusan Sekolah Bintara akan mendapatkan pangkat pertamanya adalah SERDA (Sersan Dua), untuk dapat masuk Bintara AD dapat dilakukan dengan 2 cara yaitu:

dari masyarakat umum melalui: Secaba PK (Sekolah Calon Bintara Prajurit Karir).

Secaba PK dilakukan dimasing masing KODAM, pembukaan pendaftaran biasanya pada bulan Juli, dan dimulai pendidikan pada bulan Nopember. Sedangkan untuk Korps Wanita TNI Angkatan Darat (KOWAD) pendidikan dilakukan di Pusat Pendidikan KOWAD (Pusdik KOWAD). Lama pendidikan bintara adalah 5 bulan.

dari Tamtama melalui: Secaba Reguler (Sekolah Calon Bintara Reguler).

Jalur ini dikhususkan untuk anggota TNI yang berasal dari Tamtama untuk promosi kenaikan pangkat ke Sersan Dua melalui Secaba Reguler.

Sekedar informasi untuk anda, golongan pangkat Bintara merupakan tulang punggung kesatuan di masing masing matra (AD, AL, dan AU), karana Bintara merupakan penghubung antara Perwira dengan Tamtama atau sebaliknya antara Tamtama dengan Perwira.


PERWIRA AD

Jenjang Karir Perwira Lulusan AKMIL – Banyak cara yang dapat ditempuh untuk menjadi Perwira di TNI Angkatan Darat, untuk memperjelas, mari kita sama sama simak penjealasan dibawah ini.

Jalur Akademi Militer (AKMIL), tidak dipungkiri AKMIL merupakan langkah pertama anda untuk menjadi seorang Perwira Muda yang handal, pintar dan tangguh. Menurut beberapa sumber, seleksi Akademi Militer merupakan seleksi yang paling ketat diantara jalur jalur sekolah yang ada di TNI AD. Lama pendidikan AKMIL adalah 4 tahun, setelah anda lulus dari AKMIL, anda akan diberikan gelar ST.Han dengan pangkat pertamanya adalah LETDA (Letnan Dua). Sejak tahun 2013 Akademi Militer telah membuka kesempatan para wanita untuk masuk ke AKMIL.

Jalur dari Bintara, jalur ini merupakan jalur bagi anggota TNI dengan golongan pangkat Bintara yang mendapatkan promosi kenaikan golongan pangkat ke Perwira. Sebutan sekolah yang berasal dari Bintara adalah SECAPA (Sekolah Calon Perwira) yang berlokasi di Bandung.

Jalur Perwira PK (Perwira Prajurit Karir), sekolah ini merupakan sekolah yang diperuntukan bagi masyarakat umum, yang memiliki ijazah D3 atau S1 umum. Tentunya tidak semua jurusan yang perbolehkan masuk sekolah ini. Namun ketika anda lulus dari Secapa maka pangkat yang akan diraih pertama kali adalah Letda (Letnan Dua). Lama pendidikan Secapa adalah 7 bulan. Untuk siswa laki laki akan menempuh pendidikan di Akademi Militer Magelang, sedangkan untuk siswi perempuan akan menempuh pendidikan di Pusat Pendidikan KOWAD Bandung.

Jalur Siswa Penerbang Dinas Pendek TNI (Sekbang PSDP TNI), jalur ini merupakan jalur calon penerbang, lama pendidikan Sekbang PSDP adalah, 6 bulan di Lanud Adisumarmo Solo, 23 bulan di Lanud Adisucipto Yogyakarta, dan Empat bulan di masing masing angkatan. Setelah lulus maka anda akan menyandang pangkat Letnan Dua.

Sebagai tambahan informasi, lulusan Akademi Militer biasanya mendapatkan tugas pertamanya sebagai Danton (Komandan Peleton). Untuk lulusan selain dari AKMIL penugasan pertamanya adalah berdasarkan kebutuhan dari kecabangan masing masing. Masih penasarankan? Pada kesempatan yang akan datang saya akan melanjutkan tulisan Jenjang Karir Perwira Lulusan AKMIL ini, terus pantengin blog ini, atau kalian bisa Join Group Facebooknya DISINI, atau kalian bisa juga bisa Like Fanpage Facebooknya DISINI, untuk medapatkan informasi update dari artikel ini. Saya cukupkan dulu tulisan Jenjang Karir Perwira Lulusan AKMIL ini. Tetap Semangat.

Related Posts

Load comments

Comments