Urutan Pangkat di Akmil

URUTAN PANGKAT DI AKMIL

Tingkatan dan Urutan Pangkat di AKMIL. Hallo sahabat Tatuna Akdemi, pada kesempatan kali ini saya akan mengulas lebih jauh tentang Urutan Pangkat di AKMIL . Tentunya kalian penasarankan, pangkat apa saja yang nanti kalian dapatkan selama kalian mengikuti pendidikan empat tahun di AKMIL atau Akademi Militer. Meskipun AKMIL adalah tempat pendidikan militer khususnya untuk calon perwira remaja, ternyata AKMIL juga memiliki sistem kepangkatan loh teman-teman. Pangkat tersebut sudah berlaku dan disejajarkan dengan pangkat TNI pada umumnya, penasarankan? Mari kita lanjutkan pembahasan kita untuk mengetahui sistem kepangkatan di Akademi Militer, dalam artikel Urutan Pangkat di AKMIL berikut ini.

Baca juga tulisan yang terkait Syarat Masuk AKMIL

Urutan Pangkat di AKMIL
Urutan Pangkat di AKMIL

PANGKAT TAHUN PERTAMA

PRATAR (Prajurit Taruna), Para Prajurit Taruna menyandang pangkat ini selama 4 bulan lamamnya, pangkat ini merupakan pangkat terendah didalam lingkungan Akademi Militer. Para Pratar digembleng fisik dan mentalnya, diubah mindsetnya dari seorang sipil menjadi seorang militer yang tangguh. KOPTAR (Kopral Taruna) Setelah dinyatakan lulus latihan RPS dan Survival selama 4 bulan para PRATAR akan dilantik menjadi KOPTAR atau Kopral Taruna, pangkat Kopral Taruna akan disandang selama kurang lebih 9 bulan, pada saat para Taruna berpangkat Kopral Taruna latihan akan berfokus pada 70% latihan lapangan dan 30% materi atau teori.


Urutan Pangkat di Akmil
Prajurit Taruna

Urutan Pangkat di Akmil
Kopral Taruna

PANGKAT TAHUN KE DUA

SERTAR (Sersan Taruna), Setelah dinyatakan lulus tingkat pertama atau tahun pertama, para Taruna KOPTAR akan dinaikan pangkatnya menjadi SERTAR atau Sersan Taruna, pada tahun ini para Taruna berpangkat SERTAR sudah dapat disebut macan kecil, karena pada tahun ini para Taruna SERTAR sudah mempunyai adik angkatan yang siap mereka bina. Para Taruna berpangkat SERTAR akang menyandang pangkat SERTAR selama 12 bulan.

Urutan Pangkat di Akmil
Sersan Taruna

PANGKAT TAHUN KE TIGA

SERMADATAR (Sersan Mayor Dua Taruna), Pada tahun ke tiga ini, para Taruna tingkat tiga akan dilantik dari pangkat SERTAR menjadi SERMADATAR atau Sersan Mayor Dua Taruna, pada pangkat SERMADATAR para Taruna sudah mulai memiliki kharisma dan wibawa lebih, karena pada saat tahun ketiga ini para Taruna tingkat tiga sudah memiliki dua adik angkatan, taruna dengan pangkat SERMADATAR dapat dibilang macan tengah, yang berwibawa dan disegani adik angkatan. Lama menjalani pangkat SERMADATAR adalah 12 bulan.

Urutan Pangkat di Akmil
Sersan Mayor Dua Taruna

PANGKAT TAHUN KE EMPAT

SERMATUTAR (Sersan Mayor Satu Taruna), Setalah 12 bulan menyandang pangkat SERMADATAR para Taruna tingkat 4 akan dilantik menjadi Taruna berpangkat SERMATUTAR atau Sersan Mayor Satu Taruna, pada tahun ke empat ini para Taruna tingkat 4 sudah menjadi penguasa Akademi Militer atau dapat disebut sebagai macan kampus, pada saat berpangkat SERMATUTAR para taruna tingkat 4 sudah fokus untuk mempersiapkan diri menjadi seorang perwira muda berpangkat LETDA atau Letnan Dua. Pangkat SERMATUTAR akan disandang selama 12 bulan, sebelum dilantik oleh Presiden Republik Indonesia.

Urutan Pangkat di Akmil
Sersan Mayor Satu Taruna

Sekian informasi yang dapat saya sampaikan, semoga bermanfaat bagi pembaca sekalian, seluruh isi materi Urutan Pangkat di AKMIL ini, Taruna Akademi rangkum dari berbagai macam sumber, jika ada  kesalahan penulisan atau isi materi Urutan Pangkat di AKMIL ini silahkan anda memberikan komentar di kolom komentar yang sudah kami sediakan, agar isi materi Urutan Pangkat di AKMIL ini dapat menjadi lebih baik lagi kedepannya. Tetap semangat dan fokus pada tujuan, dan untuk pembaca yang ingin mendaftar ke AKMIL. Dibawah ini merupakan gambar gambar yang terkait dengan tulisan Urutan Pangkat di AKMIL, dimulai dari Prajurit Taruna sampai dengan Sersan Mayor Satu Taruna.


Related Posts

Load comments

Comments