Sekilas Akademi Militer Taruna AKMIL dan Taruni Akmil

AKADEMI MILITER

Akademi Militer
Akademi Militer

Sekilas Akademi Militer Taruna AKMIL dan Taruni AKMIL – Terima kasih Taruna Akademi ucapkan kepada pengunjung setia blog ini. Pada Kesempatan kali ini saya akan memberikan informasi mengenai AKADEMI MILITER yang mungkin saja ada dari kawan kawan yang belum mengetahui apa itu AKADEMI MILITER. 


AKADEMI MILITER # APA ITU AKADEMI MILITER ?

Akademi Militer merupakan suatu lembaga pendidikan yang berada dibawah naungan TNI Angkatan Darat, dimana tujuan dari sekolah ini adalah untuk mencetak Perwira muda sebagai kader kepemimpinan TNI Angakatan Darat dimasa yang akan datang. Karena biasanya lulusan dari AKMIL ini merupakan calon petinggi petinggi TNI Angkatan Darat dimasa depan. Lama pendidikan yang harus ditempuh selama menjadi Taruna (sebutan untuk siswa di AKMIL) adalah 4 tahun. Jadi sudah dipastikan akan ada yang namanya kakak tingkat dan adik tingkat, pada tahun pertama atau Tingkat I Taruna akan menyandang pangkat PRATAR (Prajurit Taruna) dan KOPTAR (Kopral Taruna), Tingkat II para Taruna akan menyandang pangkat SERTAR (Sersan Taruna), pada Tingkat III Taruna akan menyandang pangkat SERMADATAR (Sersan Mayor Dua Taruna), dan pada tingkat terakhir atau Tingkat IV para Taruna akan menyandang pangkat SERMATUTAR (Sersan Mayor Satu Taruna) sekaligus akan mempersiapkan Prasetya Perwira diakhir masa pendidikan untuk menjadi Perwira Pertama berpangkat LETDA (Letnan Dua) dengan gelar sarjana S.T.Han (Sarjana Teknik Pertahanan).

Untuk dapat masuk ke AKMIL banyak syarat dan tahapan yang harus kamu lewati, dari mulai awal pendaftaran seleksi administrasi hingga akhir seleksi yaitu PANTUKHIR (Pantauan Terakhir). Kalian dapat mendaftarkan diri melalui Sub Panda atau Panda terdekat didaerah kalian. Sekedar informasi setiap tahunnya Akademi Militer hanya menerima Taruna kurang lebih sebanyak 300an Taruna saja. Dapat dibayangkan bagaimana ketatnya seleksi masuk Taruna AKMIL. Menurut cerita yang beredar dimasyarakat, kamu hanya mendapatkan persentase 1% saja untuk masuk AKMIL, jadi paling tidak kamu harus mengalahkan 500 orang jika ada 50.000 orang yang mendaftar.


AKADEMI MILITER # PERTANYAAN SEPUTAR AKADEMI MILITER

Banyak pertanyaan kepada kami seputar seleksi Akademi Militer, pada kesempatan kali ini saya akan merangkum pertanyaan pertanyaan tersebut didalam artikel ini. Berikut ini pertanyaan yang sering muncul di Group Facebook kami.

Q = Question (Pertanyaan).

A = Answer (Jawaban).
Q : Mas, Apakah jurusan IPS atau SMK bisa daftar ke AKMIL?

A : Untuk jurusan IPS bisa mendaftar, namun tidak setiap tahun jurusan IPS diperbolehkan untuk mendaftar, tergantung dari kebutuhan AKMIL itu sendiri. Biasanya jurusan IPS dibuka per 5 tahun atau 4 tahun sekali. Nah untuk jurusan SMK, kalian tidak bisa mendaftar ke AKMIL, kami sarankan kalian pilih SECABA atau SECATAM sebagai jalur karir militer kamu.

Q : Mas, Saya seorang wanita, apakah saya bisa daftar AKMIL?

A : Sejak tahun 2013 AKMIL sudah memberikan kesempatan kepada wanita untuk dapat menjadi Taruni AKMIL. Namun perlu kamu ketahui kuota Taruni hanya sekitar 20an orang saja setiap tahunnya.

Q : Mas, berapa tingi badan untuk bisa masuk AKMIL?

A : Untuk pria tinggi badan minimal adalah 165 CM, sedangkan wanita adalah 160 CM.

Q : Kapan mas pendaftaran AKMIL dibuka?

A : Biasanya AKMIL membuka pendaftaran pada bulan Februari atau Maret setiap tahunnya. Jika ingin lebih pasti, silahkan kalian datang ke KODIM terdekat dan bertanya disana.

Q : Mas, Perbedaan AKMIL, AKPOL, AAL dan AAU apa ya?

A : Semua sekolah diatas merupakan sama sama sekolah kedinasan, namun lebih kepada jalur militer. AKMIL merupakan akademi militer untuk TNI Angkatan Darat, AAL juga merupakan akademi militer namun khusus untuk TNI Angkatan Laut, begitupun AAU akademi militer untuk TNI Angkatan Udara. Berbeda dengan AKPOL karena AKPOL merupakan Akademi di untuk jalur Kepolisian. Namun semua sekolah tersebut menggunakan nama Taruna untuk siswa yang mengikuti pendidikan didalamnya, dan untuk wanita disebut Taruni.

Q : Mas, saya sedang kuliah atau nanti saya sudah lulus kuliah, apakah bisa daftar ke AKMIL?

A : saya jawab satu persatu ya, untuk yang masih kuliah kalian bisa ikut seleksi AKMIL asalkan kalian berasal dari jurusan IPA dan umur kamu tidak lebih dari 22 tahun, tetapi jika nanti kamu dinyatakan lolos seleksi, kamu harus berhenti dari kuliahmu sekarang. Dan untuk kamu yang sudah lulus kuliah, kamu tidak bisa daftar AKMIL karena syarat masuk AKMIL adalah SMA dari jurusan IPA, namun ada jalur khusus untuk lulusan sarjana yang ingin menjadi tentara melalui jalur Perwira Karir.

Related Posts

Load comments

Comments