Tahapan Seleksi Tes Fisik AKMIL Tips Lolos AKMIL

TAHAPAN SELEKSI TES FISIK AKMIL

Tahapan Seleksi Tes Fisik AKMIL Tips Lolos AKMIL
Tes Fisik Masuk AKMIL

Tips dan Trik Lolos Tahapan Seleksi Tes Fisik AKMIL, Hallo sahabat Taruna Akademi, berjumpa kembali bersama saya, yang tentunya masih dengan tema MASUK AKADEMI MILITER. Setelah saya menuliskan artikel tentang Tahapan Seleksi AKMIL, dan Seleksi Administrasi AKMIL, maka pada kesempatan kali ini sayaakan memaparkan tahapan seleksi selanjutnya yaitu, Tahapan Seleksi Tes Fisik AKMIL.

PENYEBAB GAGALNYA TAHAPAN SELEKSI TES FISIK KESAMAPTAAN

Pada tahapan ini mulailah terlihat banyak peserta seleksi yang gugur, mungkin dari 100 orang yang melakukan tes Kesamaptaan hanya 25 sampai 35 orang saja yang lolos. Itu semua dikarenakan kurangnya persiapan dari peserta seleksi, mungkin saja dikarenakan peserta tes yang gugur tidak mempersiapkan segala sesuatunya dengan baik, seperti kurangnya latihan, menganggap sepele pada seleksi ini karena merasa kuat dan mampu, atau bahkan karena terlalu percaya diri dalam mengikuti Tahapan Seleksi Tes Fisik AKMIL. Perlu diingat kawan kawan, seseorang yang terlalu percaya diri akan merasa dirinya lebih hebat dari pada orang lain, sehingga perkara perkara kecil yang berakibat fatal kurang mereka perhatikan. 

Perhatikan kutipan dibawah ini:

Barang siapa yang tidak peduli pada perkara kecil, maka dia tidak akan peduli juga dengan perkara perkara besar.

Jadi hindarilah rasa percaya diri berlebih, yang justru dapat membuat anda gagal dalam mengikuti Tahapan Seleksi Tes Fisik Kesamaptaan. Lakukanlah latihan rutin jauh jauh hari sebelum dimulainya Tahapan Seleksi Tes Fisik Kesamaptaan. Anda bisa melakukan itu semua dengan memanfaatkan waktu luang anda disela kesibukan anda sehari hari, jika anda adalah pelajar, lakukan setelah sholat subuh atau pada saat sore hari. Itu semua akan membuat badan anda terbiasa melakukan hal hal yang menjadi syarat lolos Tahapan Seleksi Tes Fisik AKMIL. Lalu persiapan apa saja yang perlu anda lakukan dalam menghadapi Tahapan Seleksi Tes Fisik? Dibawah ini akan saya jelaskan per point, tujuannya anda bisa mengaplikasikannya disela waktu senggang anda.

DIBAWAH INI MERUPAKAN DAFTAR TES PADA TAHAPAN SELEKSI TES FISIK AKMIL:

  • Tes Lari
  • Tes Push Up
  • Tes Sit Up
  • Tes Pull Up
  • Tes Shuttle Run
  • Tes Renang

# TAHAPAN SELEKSI TES FISIK AKMIL: TEST LARI, BIASAKAN LARI SELAMA 12 MENIT

Pada tes lari anda perlu memperhatikan waktu dan jarak, untuk lolos dari tes lari anda hanya perlu melakukan lari selama 12 menit dengan jarak tempuh minimal 6 kali putaran lapangan sepakbola, sedangkan untuk peserta wanita, anda hanya perlu melakukan lari selama 12 menit dengan jarak tempuh minimal 5 kali putaran lapangan sepakbola. Itu semua dilakukan dengan cara berlari dan tidak boleh berhenti. Namun saran saya adalah anda harus memaksimalkan jumlah putaran yang udah ditentukan, karena itu akan membuat nilai anda menjadi lebih baik dibandingkan dengan peserta yang hanya mampu melakukan jumlah putaran sesuai dengan yang dipatok oleh panitia. Untuk lebih singkatnya perhatikan perhitungan dibawah ini:

Tahapan Seleksi Tes Fisik AKMIL


  • PRIA, dengan waktu 12 menit, mampu melakukan lari MINIMAL 6 kali putaran lapangan sepakbola. 6 x 400 Meter = 2400 Meter dalam waktu 12 menit
  • WANITA, dengan waktu 12 menit, mampu melakukan lari MINIMAL 5 kali putaran lapangan sepakbola. 5 x 400 meter = 2000 Meter dalam waktu 12 menit

Perlu anda ketahui ukuran lapangan sepakbola standard adalah 400 Meter. Ada juga yang mengatakan untuk pria hanya perlu 5,5 kali putaran dan wanita 4,5 kali putaran lapangan sepakbola, namun saya sarankan anda bisa melakukan lebih dari 6 kali putaran untuk pria, dan 5 kali putaran untuk wanita.

Kunci sukses dari tes lari adalah Pernafasan, peserta yang tidak terbiasa dengan latihan lari dan pengaturan pernafasan yang baik, tentunya akan kesulitan melakukan tes ini, dan dapat berakibat fatal yaitu gugur, karena tidak mampu melakukan jumlah putaran yang sudah ditentukan panitia dalam seleksi masuk Akademi Militer. Lakukan latihan rutin sebelum tes lari dimulai, anda bisa mencobanya dengan cara menargetkan jumlah putaran dengan waktu 12 menit, lakukan dengan rutin. Capailah target yang anda buat sendiri dengan minimal jumlah putaran yang sudah saya jelaskan diatas. Atur juga tempo pernafasan, kapan anda harus menarik nafas, kapan anda harus mengeluarkan nafas. Usahakan melakukan lari dengan kecepatan sedang dan dilanjutkan dengan tempo yang sama dan stabil, agar stamina anda tetap terjaga, namun waktu dan jarak tempuh tetap anda bisa lalui. Jika anda mempunyai sepatu lari dan pakaian lari, pada saat tes lari anda diperbolehkan menggunakannya, itu semua akan membantu anda dalam mencapai point dalam tes lari. Dan yang paling penting lakukan pemanasan terlebih dahulu, agar badan anda tidak kaget pada saat anda melakukan tes lari.

Tips lainnya adalah, lakukan latihan lari jauh jauh hari sebelum tes lari dimulai, sebagian orang mengatakan 4 s/d 5 bulan sebelum tes lari dimulai anda sudah bisa mempersiapkannya. Jika anda tidak menemukan lapangan sepakbola disekitar rumah anda, anda bisa mengukurnya dengan jarak 2,5 Kilometer dalam waktu 12 menit, anda bisa berlari mengitari komplek rumah anda atau disekitar tempat tinggal anda.

# TAHAPAN SELEKSI TES FISIK AKMIL: TES PUSH UP, LATIHAN PUSH UP DENGAN BAIK DAN BENAR

Pada saat test Tahapan Seleksi Tes Fisik Kesamaptaan nanti kalian akan melakukan tes push up, test ini dilakukan dalam waktu 1 menit dan minimal anda dapat melakukannya dengan posisi baik dan benar sebanyak 45 kali. Perbedaan mendasar pada tes push up ini adalah pada pria dan wanita.

  • Untuk Pria, lutut tidak mengenai permukaan tanah/lantai, dan harus mengangkat seluruh tubuh anda.
  • Untuk Wanita, lutut ditempelkan kepermukaan tanah/lantai, dan cukup mengangkat bagian tubuh saja.

Yang terpenting dari gerakan push up adalah kekuatan lengan dan kekuatan bahu, yang perlu anda perhatikan juga adalah gerakan yang salah tidak akan mendapatkan point, contohnya: bagian perut menempel ke tanah, bagian kepala anda tidak ikut bergerak naik turun, dan posisi kepala, tubuh dan kaki anda tidak lurus. Saran saya , cobalah cari video di Youtube tentang “cara push up yang baik bagi pria dan wanita”. Video itu akan membantu anda dalam mempraktekannya secara langsung, atau juga anda bisa tanyakan kepada tentara didaerah tempat tinggal anda bagaimana cara push up yang baik dan benar, dengan begitu anda akan mendapatkan referensi yang baik dalam latihan push up.

Intinya adalah, anda harus melakukan push up dengan baik dan benar minimal 45 kali dalam waktu 1 menit.

# TAHAPAN SELEKSI TES FISIK AKMIL: TES SIT UP, LATIHAN SIT UP DENGAN BAIK DAN BENAR

Pada tes sit up banyaknya jumlah sit up antara pria dan wanita berbeda:

  • Untuk Pria, dalam waktu 1 menit anda harus melakukan sit up sebanyak 41 kali
  • Untuk Wanita, dalam waktu 1 menit anda harus melakukan sit up sebanyak 33 kali

Inti dari gerakan sit up adalah kekuatan otot perut, maka anda perlu meluangkan waktu untuk melatih otot perut anda dengan cara latihan sit up secara rutin.

# TAHAPAN SELEKSI TES FISIK AKMIL: TES PULL UP

Inti dari pergerakan pull up adalah kekuatan tangan dan kekuatan bahu, ada beberapa perbedaan yang mendasar bagi peserta pria dan wanita, berikut ini perbedaan pull up pada pria dan wanita:

  • Untuk Pria, mampu melakukan gerakan pull up dengan baik dan benar sebanyak 18 kali dalam 1 menit.
  • Untuk Wanita, gerakan pull up diganti dengan gerakan Chinning, para peserta wanita minimal melakukan gerakan Chinning sebanyak 60 kali dalam waktu 1 menit.


# TAHAPAN SELEKSI TES FISIK AKMIL: TES SHUTTLE RUN

Shuttle run merupakan lari dengan lintasan membentuk angka 8, jika sayamelihat dari berbagai sumber maka minimal anda bisa melintasi lintasan berbentuk angka 8 adalah sebanyak 3 putaran dalam waktu 20 detik. Pada tes shuttle run anda dituntut untuk memiliki teknik lari seperti kelincahan dan kecepatan yang kuat. Inti dari tes ini adalah kecepatan dan kelincahan anda, minimal anda harus bisa melakukan 3 putaran dalam waktu 20 detik.

# TAHAPAN SELEKSI TES FISIK AKMIL: TES RENANG

Yang terakhir adalah test berenang, sayasarankan anda menggunakan gaya katak atau gaya dada, meskipun dengan gaya lain diperbolehkan, namun sepengetahuan saya dari cerita teman teman saya yang lulus, pada saat test berenang mereka menggunakan gaya katak. Jarak yang harus kalian tempuh dalam test renang adalah 25 meter dengan waktu maksimal 1 menit. saya sarankan kalian latihan renang minimal 2 kali dalam seminggu, lakukan dengan target waktu 1 menit, raihlah jarak minimalnya yaitu 25 meter, dan latihlah diri kalian untuk lebih dari 25 meter dalam waktu kurang dari 1 menit.


Sekian informasi Tahapan Seleksi Tes Fisik Kesamaptaan yang dapat saya jelaskan, jika ada pertanyaan silahkan kalian berkomentar pada kolom komentar. Jika artikel ini bermanfaat silahkan kalian share dan bagikan kepada orang orang yang membutuhkan informasi mengenai Tahapan Seleksi Tes Fisik Kesamaptaan. Tetap berlatih dan tetap semangat! Ganbattene!

Related Posts

Load comments

Comments