Tahapan Seleksi Adiministrasi AKMIL AAL AAU

SELEKSI ADMINISTRASI AKMIL

Tahapan Seleksi Adiministrasi AKMIL AAL AAU
Tahapan Seleksi Administrasi
Proses Tahapan Seleksi Administrasi AKMIL AAL AAU – Selamat pagi, selamat siang, dan selamat malam pembaca setia Taruna Akademi, bertemu kembali bersama saya pada penjelasan yang lebih mendetail yaitu mengenai Tahapan Seleksi Administrasi AKMIL, pembahasan ini merupakan lanjutan dari artikel Tahapan Seleksi AKMIL DISINI yang bisa anda baca terlebih dahulu sebelum anda membaca artikel Tahapan Seleksi Administrasi AKMIL.

Masih semangatkan? Saya yakin anda masih tetap semangat dan masih tetap fokus dalam mempersiapkan diri untuk mengikuti pendaftaran serta proses seleksi AKMIL yang tentunya memiliki proses yang sangat panjang. Proses pemeriksaan administrasi pada penerimaan Taruna Akademi Militer dibagi menjadi dua proses, proses yang pertama adalah proses RIKMIN AWAL, sedangkan proses yang kedua adalah RIKMIN AKHIR (Pemeriksaan Administrasi Awal dan Pemeriksaan Adminstrasi Akhir).

Proses awal pemeriksaan adalah pemeriksaan dokumen, dokumen dokumen yang perlu anda persiapkan salah satunya adalah, ijazah. Siapkan ijazah ijazah anda, ijazah dari semua pendidikan yang sudah pernah anda tempuh baik itu ijazah SD, SMP, dan SMA. Buatlah copy’an ijazah tersebut sebanyak banyaknya, agar anda tidak perlu memphotocopy lagi, setelah anda membuat copy’an ijazah, lakukan proses legalisir ijazah, biasanya anda hanya perlu melakukan legalisir dengan 5 kopian saja, tetapi alangkah baiknya anda melegalisir ijazah lebih dari 5. Anda bisa menanyakan proses legalisir ke sekolah anda dulu, atau anda bisa mendatangi Dinas Pendidikan setempat, untuk mengetahui alur proses dan cara legalisir yang benar untuk proses penerimaan Akademi Militer.

TAHAPAN SELEKSI ADMINISTRASI AKMIL, SIAPKAN DOKUMEN, PHOTOCOPY DAN LEGALISIR!

Dokumen lain yang perlu anda siapkan adalah sebagai berikut:

  1. Kartu Tanda Penduduk (KTP)
  2. Kartu Keluarga (KK)
  3. Akte Kelahiran
  4. SKCK dari kepolisian
  5. Surat Keterangan Dokter
  6. Daftar Riwayat Hidup / CV
  7. Surat Permohonan Menjadi Anggota TNI atau POLRI
  8. Surat Pernyataan dari Orang Tua atau Wali
  9. Surat Persetujuan dari Orang Tua atau Wali
  10. Surat Pertanyataan Tidak Pernah Menikah
  11. Surat Perjanjian Ikatan Dinas Pertama
  12. Surat Tidak Terikat dengan Perusahaan atau Instansi
  13. Dan Surat Kesanggupan ditempatkan diseluruh Wilayah Indonesia

Dengan catatan semua dokumen diatas sudah anda photocopy sebanyak 5 lembar dan sudah anda legalisir kepada pihak yang memang berwenang melakukan legalisir dokumen tersebut. Pada pemeriksaan awal anda hanya akan diminta satu kopian dokumen yang sudah dilegalisir, sedangkan 4 lembar lainnya anda simpan, karena pada saat anda masuk tahap selanjutnya dokumen dokumen tersebut akan diminta kembali atau disertai kembali. Selain pemeriksaan dokumen, pada pemeriksaan awal anda juga akan melakukan pemeriksaan tinggi badan dan berat badan. Tinggi badan minimal untuk mengekuti seleksi masuk AKMIL adalah 165 CM untuk Calon Taruna, sedangkan untuk Calon Taruni 160 CM, dengan ketentuan berat badan seimbang atau proposional dengan tinggi badan.

Setelah anda dinyatakan lolos seleksi tahap awal, maka selanjutnya anda akan diberikan No. Peserta atau biasa disebut No. Urut Seleksi, dan anda akan masuk ketahap selanjutnya yaitu, Tahapan Seleksi Kesehatan Tahap I. Saya harapkan anda sudah harus bersiap siap jika anda dinyatakan lolos tahap pertama, karena biasanya pada tahap kesehatan sudah mulai banyak berjatuhan Calon Prajurit Taruna (CAPRATAR) dikarenakan merasa dirinya sehat, ternyata setelah dilakukan tes kesehatan terdapat penyakit yang menyebabkan anda tidak lolos tes kesehatan.

Bagi anda yang belum lengkap atau kurang lengkap pada pengumpulan dokumen ditahap awal, biasanya anda akan disuruh pulang kembali oleh panitia,untuk melengkapi dokumen dokumen yang kurang, atau bahkan anda bisa dinyatan gugur dikarenakan kurang lengkapnya syarat dokumen yang sudah ditentukan oleh panitia. Jadi saya sarankan anda sudah mempersiapkan kelengkapan dokumen dengan sebaik baiknya dan selengkap lengkapnya, agar pada saat pengumpulan dokumen pada tahap awal nanti, anda bisa lancar dan tidak ada kekurangan dokumen satupun. Sekian informasi yang dapat saya sampaikan mengenai Tahapan Seleksi Administrasi AKMIL.

Semoga artikel Tahapan Seleksi Administrasi AKMIL dapat bermanfaat bagi anda yang sedang mencari informasi tentang Seleksi Administrasi AKMIL, silahkan anda share artikel Tahapan Seleksi Administrasi AKMIL ini dan bagikan kepada orang orang yang memang membutuhkan informasi ini. Jangan lupa untuk Follow Fanpage Facebook kami, dan juga berikan komentar anda pada artikel ini. Kami sangat menunggu kritik dan saran yang membangun, untuk terciptanya tulisan yang semakin baik kedepannya. Tetap fokus dan berlatih, tetap semangat! Ganbattene.

Related Posts

Load comments

Comments