Tips Masuk Taruna AKMIL Magelang dan Cara Masuk AKMIL 2017

TIPS MASUK TARUNA AKMIL

Tips Masuk Taruna AKMIL Magelang dan Cara Masuk AKMIL 2017
Tips Masuk AKMIL

Tips Masuk Taruna Akmil dan Cara Masuk Akmil. Setelah saya menuliskan artikel tentang Syarat Masuk Akmil dan Urutan Pangkat di Akmil, pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan secara lebih terperinci tentang Akademi Militer pada blog Taruna Akademi.


SEKILAS AKADEMI MILITER

Akmil atau yang biasa kita kenal dengan Akademi Militer, merupakan suatu lembaga pendidikan dibawah naungan TNI Angkatan Darat yang dikhususkan untuk melahirkan calon perwira perwira remaja, yang nantinya diharapkan dapat menjadi kader kader pemimpin TNI-AD dimasa depan. Banyak sekali lulusan Akademi Militer yang sudah sering kita lihat kiprahnya di Indonesia, salah satunya adalah Jenderal (HOR). Susilo Bambang Yudhoyono (Pak SBY) adalah lulusan Akademi Militer tahun 73 sekaligus menjadi lulusan terbaik diangkatannya, dan dipuncak karirnya beliau mampu menjadi President Republik Indonesia selama 10 tahun. Selanjutnya adalah Jenderal Moeldoko yang dikahir jabatannya mampu menjadi Panglima TNI, beliau juga merupakan lulusan terbaik diangkatannya yaitu angkatan 81, dan masih banyak lagi profil lulusan Akademi Militer yang bersinar namanya didunia politik ataupun pemerintahan. Lulusan terbaik untuk seorang yang lulus dari Akademi Militer adalah Adhi Makayasa.


1. TIPS MASUK TARUNA AKMIL – LANGKAH PARA CALON JENDERAL

Tidak dapat dipungkiri Akmil merupakan langkah awal para perwira remaja untuk terus mengembangkan karirnya di bidang militer, khususnya TNI-AD, bagaimana tidak? Seseorang lulusan Akademi Militer akan berpeluangan sangat besar menjadi Jenderal atau Perwira Tinggi di lingkup TNI-AD, dibandingkan dengan seorang prajurit TNI-AD lulusan dari SEPA, SECABA bahkan SECATAM. Diawal karir militernya para lulusan Akademi Militer sudah menyandang pangkat LETDA (Letna Dua), kira kira umur seseorang yang lulus dari Akademi Militer adalah 22 tahun. Diusia yang masih muda para perwira remaja, dibekali ilmu kemiliteran yang mumpuni, ditunjang dengan olah fisik dan mental yang kuat, dan ditambah penanaman jiwa kepemimpinan yang baik, akan mencetak generasi generasi muda yang dapat diandalkan dimasa depan. Wajar bila akhirnya para pemuda di Indonesia atau bahkan para orang tua sangat mendambakan putra/putrinya dapat masuk ke Akademi Militer di Magelang.

2. TIPS MASUK TARUNA AKMIL – PEMINAT BANYAK SELEKSI KETAT

Akademi Militer merupakan sekolah kedinasan yang tidak perlu menggunakan biaya pada saat proses pendidikan, bahkan seorang Taruna (sebutan siswa di Akmil) diberikan uang saku selama menjadi Taruna di Akademi Militer. Lalu bagaimana dengan makan dan dan tidur mereka? Di Akademi Militer seorang Taruna disediakan asrama dan fasilitas yang sangat memadai untuk kegiatan belajar mengajar mereka selama mengikuti pendidikan, dan juga para Taruna akan diberikan makan sehari 3 kali secara terjadwal, tentunya makan dan minuman yang bergizi. Dengan dasar itulah, mengapa banyak sekali yang berminat menjadi seoran Taruna Akademi Militer, bahkan sampai puluhan ribu orang yang mendaftar untuk menjadi Taruna Akademi Mililter setiap tahunnya. Namun disayangkan, penerimaan Taruna Akademi Militer hanya dibatasi kurang lebih 250 orang setiap tahunnya. Maka wajarlah kita katakan bila seorang yang masuk ke Akademi Militer adalah pemuda pemuda terbaik pilihan bangsa dan negara. Proses penerimaan Akademi Militer biasanya dibuka pada bulan Februari setiap tahunnya, karena pada bulan Agustus Akademi Militer sudah mulai melakukan proses pendidikan bagi Taruna/Taruni baru.

3. TIPS MASUK TARUNA AKMIL – SIAPKAN MENTAL DAN FISIK ANDA

Jika kalian berminat menjadi seorang Taruna atau Taruni Akademi Militer, persiapkan diri kalian sedini mungkin, saya sarankan minimal 3 bulan sebelum pendaftaran kalian sudah harus mempersiapkan itu semua. Untuk Syarat Masuk Akmil kalian bisa melihatnya DISINI. Hal hal yang perlu diperhatikan adalah, kesiapan fisik dan kesehatan anda. Bagusnya kalian melakukan medical check up dirumah sakit yang biasa melakukan test kesehatan bagi calon prajurit TNI, disitu kalian akan mendapatkan sedikit banyak informasi tentang kesahatan kalian. Lakukan jogging setiap paginya minimal 5 kilometer, karena pada saat test kesamaptaan (kebugaran) kalian akan ditest lari sejauh 3.2 kilometer atau tujuh kali putaran lapangan sepakbola. Jangan lupa latihlah otot kalian dengan cara push-up, sit-up, dan juga pull-up. Untuk push-up kalian harus dapat melakukannya minimal 43 kali dalam satu menit, untuk sit-up kalian harus dapat melakukannya minimal 50 kali dalam satu menit, dan untuk pull-up kalian harus melakukannya minimal 10 kali dalam satu menit. Dan hal terpenting lainnya adalah kalian harus dapat berenang dengan gaya katak sejauh dua kali kolam prestasi. Tetapkan hati dan jiwa kalian untuk setulus hari menjadi seorang tentara, percayalah jika kalian melakukan atau mendaftarkan diri menjadi seorang Taruna Akmil dengan mental dan tekad yang belum kuat, maka hasilnya adalah nol besar.

4. TIPS MASUK TARUNA AKMIL – BULATKAN TEKAD DAN MANTAPKAN NIAT

Jika anda hanya menggemari Akmil tanpa mempunyai tekad yang kuat dan mantapnya niat, dapat dipastikan masuk Akademi Militer hanya isapan jempol belaka. Bulatkan tekad anda, bahwa anda terlahir sebagai seoarng tentara yang siap berkorban demi bangsa dan negara, jika anda tidak mempunya tekad seperti ini, saya bisa jamin anda tidak akan lolos dalam seleksi masuk Akademi Militer. Mantapkan niat, niatkan diri anda hanya untuk mengabdi kepada bangsa dan negara, jika anda meniatkan diri anda masuk Akademi Militer hanya demi mencari uang apalagi kekayaan, lebih baik urungkan niat anda untuk mengikuti seleksi Akademi Militer. Yakinkan diri anda adalah putra dan putri terbaik bangsa, yang siap digarda terdepan untuk menjaga dan mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

5. TIPS MASUK TARUNA AKMIL – JANGAN TERGIUR DENGAN NEPOTISME DAN SOGOK MENYOGOK

Jangan sampai anda tergiur oleh oknum oknum tidak bertanggung jawab, yang dapat menjanjikan anda atau anak anda bisa lolos Akademi Militer, percayalah dan yakinlah dengan kemampuan diri anda, jika nantinya anda lolos dengan cara sogok menyogok, lalu dimedan latihan ternyata anda celaka atau bahkan yang terparah kehilangan nyawa, dikarenakan fisik dan mental anda yang tidak kuat, akibat memaksakan diri ingin masuk Akademi Militer dengan cara yang tidak wajar. Ketahuilah, bahwa sesungguhnya oknum oknum seperti tidak akan membantu anda sedikitpun, mereka hanya mengambil keuntungan dari ketidak percayaan diri anda dan kekurangan anda, yang seharusnya anda bisa atasi semua dengan cara latihan yang rutin.

6. TIPS MASUK TARUNA AKMIL – RESTU ORANG TUA DAN BERDOA

Sebelum anda mengikuti seleksi masuk Akademi Militer, mintalah restu kepada kedua orang tua anda, atau bagi yang sudah tiada mintalah restu ke family terdekat anda. Jangan lupa selalu menjaga hubungan dengan yang Maha Kuasa, bedoalah dengan niat yang tulus dan tekad yang kuat. Percayalah, kekuatan doa dan restu orang tua adalah modal yang paling manjur sebelum anda mengikuti seleksi masuk Akademi Militer.

7. TIPS MASUK TARUNA AKMIL – JIKA ANDA GAGAL

Kegagalan adalah keberhasilan yang tertunda, jika anda gagal dikarenakan kesalahan ataupun kekurangan yang ada pada diri anda, perbaiki itu semua, masih ada kesempatan di tahun depan, jangan menyerah. Analisa diri anda sendiri ditahap mana anda gagal? Perbaiki dan matangkan itu semua dengan cara berlatih lebih rutin atau jika ada masalah dengan kesehatan pergilah ke dokter, dan konsultasikan dengan mereka. Jika anda gagal, bukan berarti anda tidak bisa masuk Akademi Militer, itu semua karena kekurangan yang ada pada diri anda. Percayalah, dengan memperbaiki kesalahan, kedepannya anda akan menemukan keberhasilan, dan selalu ingat MANJADDA WA JADDA “siapa yang bersungguh sungguh, maka dia akan berhasil”.

Sekian artikel Tips Masuk Taruna Akmil yang dapat saya sampaikan untuk anda pembaca setia Taruna Akademi, jika ada pertanyaan mengenai tips masuk taruna akmil silahkan berikan komentar pada kolom komentar dibawah. Tunggu artikel saya selanjutnya. Dan baca juga artikel Akmil melalui wikipedia.

Related Posts

Load comments

Comments