Perjalanan Jenjang Karir Perwira Lulusan AKMIL PART II

JENJANG KARIR PERWIRA LULUSAN AKMIL PART II

Perjalanan Jenjang Karir Perwira Lulusan AKMIL Part II – Hallo sahabat setia TARUNAAKADEMI, kembali lagi berjumpa dengan saya untuk melanjutkan tulisan saya yang bersambung kemarin. Sengaja saya buat bersambung, agar pembaca lebih memahami perjalanan Jenjang Karir Perwira Lulusan AKMIL Part II secara menyeluruh. Bagi anda yang baru pertama melihat tulisan ini, sebaiknya anda melihat tulisan saya sebelumnya:

Para Taruna AKMIL AAL AAU dan AKPOL



Setelah membaca tulisan saya di Part I, maka sudah pasti yang akan kita bahas adalah jalur militer jika masuk melalui AKMIL. Kita mulai saja dari tugas pokok sekolah militer yang banyak diidam idamkan pemuda pemudi di Indonesia, yaitu Akademi Militer (AKMIL). Tugas utama Akademi Militer (Akademi Militer merupakan Badan Pelaksana Pusat di Tingkat MABES AD, yang berkedudukan langsung dibawah KASAD) adalah untuk:

Membentuk Taruna Akademi Militer menjadi Perwira TNI AD yang memiliki sikap dan perilaku sebagai prajurit Saptamarga, pengetahuan dan keterampilan dasar golongan perwira, berkualisifikasi Akademis DIV Pertahanan serta jasmani yang samapta. Source: akmil.ac.id

Masa pendidikan AKMIL adalah 4 tahun, setiap kenaikan kelas AKMIL juga sudah menerapkan kepangkatan, kepangkatan ini sudah setara dengan pangkat reguler yang ada di TNI AD. Tingkat I akan diberikan pangkat PRATAR (Prajurit Taruna), lalu naik pangkat menjadi KOPTAR (Kopral Taruna), Tingkat II akan diberikan pangkat SERTAR (Sersan Taruna), Tingkat III akan diberikan pangkat SERMADATAR (Sersan Mayor Dua Taruna), Tingkat terakhir atau tingkat IV akan menyandang pangkat SERMATUTAR (Sersan Mayor Satu Taruna).

PADA TINGKAT 3 DI AKADEMI MILITER, PARA TARUNA SUDAH MULAI DIJURUSKAN KEDALAM 5 JURUSAN, YAITU:

  1. Jurusan Tempur, diakhir tingkat 4 para Taruna Jurusan Tempur akan dibagi lagi menjadi tiga bagian yaitu, Korps Infanteri, Kavaleri, dan Artileri (Artileri Medan/Arhanud).
  2. Jurusan Teknik Zeni
  3. Jurusan Teknik Peralatan
  4. Jurusan Teknik Perhubungan
  5. Jurusan Administrasi, diakhir tingkat 4 para Taruna Jurusan Administrasi akan dibagi lagi menjadi tiga bagian yaitu, Korps Intendans dan Angkutan (Pembekalan dan Angkutan/Bekang) Topografi, Polisi Militer, Ajudan Jenderal atau Keuangan, Penerbang.

Untuk pemilihan jurusan di Akademi Militer, pemilihan jurusan diserahkan kepada Taruna itu sendiri, namun tetap harus memperhitungkan hasil dari Psikotest Minat dan Bakat, yang nantinya menentukan dimana sebaiknya Taruna tersebut ditempatkan.

JENJANG KARIR PERWIRA LULUSAN AKMIL PART II  – BENANG MERAH KECABANGAN DI TNI AD

Kenapa PUTIHABU menyebutnya dengan Benang Merah, jika kita melihat sejarah atau kilas balik perjalanan petinggi petinggi TNI AD yang berhasil menjadi Pangdam, Danjen Kopassus, Pangkostrad, KASAD, atau bahkan Panglima TNI, semuanya berasal dari Perwira Perwira Lapangan, yang biasanya diambil dari Kecabangan Infanteri. Namun ada dua nama yang berasal dari Kecabangan Zeni yaitu, Jenderal (Purn). Try Sutrisno yang dalam karir puncaknya berhasil menjadi Panglima ABRI (sekarang Panglima TNI), dan Jenderal (Purn). Budiman yang dalam karir puncaknya berhasil menjadi KASAD. Selain dari nama nama itu, puncak jabatan tinggi di TNI AD berasal dari Kecabangan Infanteri.

Jika kita tarik kebelakang, para Taruna Akademi Militer datang dari berbagai macam watak yang berbeda beda dan tentunya memiliki kualifikasi yang baik serta keunggulan masing masing. Pencabangan di Akademi Militer merupakan hasil dari kualifikasi fisik dan mental serta keintelektualan yang dimiliki tiap tiap Taruna. Hal ini yang pada akhirnya menentukan dimana Taruna tersebut akan ditempatkan berdasarkan kecabangan, lalu memulai karir dan berkiprah di kecabangan masing masing.

Interaksi dan pola pikir para Taruna selama menjalani pendidikan di Akademi Militer akan tumbuh dan berkembang seiring sejalan dengan interaksi yang meraka lakukan. Berdasarkan interaksi inilah akan terlihat apakah Taruna tersebut termasuk kedalam tipe Perwira Lapangan atau Perwira Staff. Perwira Perwira lapangan dimasa yang akan datang biasanya akan memegang Komando pasukan, sedangkan Perwira Staff biasanya menjadi otak intelektualnya.

Masih penasaran? Tunggu tulisan lanjutan Jenjang Karir Perwira Lulusan AKMIL Part II ini, dengan cara Like Fanpage Facebook TARUNAAKADEMI, atau gabung ke Group Facebook TARUNAAKADEMI. Terima kasih sudah mampir diblog TARUNAAKADEMI terutama yang sudah membaca tulisan Jenjang Karir Perwira Lulusan AKMIL Part II ini. Semangat dan Terus Berlatih.

Related Posts

Load comments

Comments