Tips Calon Tentara! Pilih Akmil atau Secaba?

PILIH AKMIL ATAU SECABA

Tips Calon Tentara! Pilih Akmil atau Secaba?
AKMIL atau SECABA?
Tips Calon Tentara! Pilih Akmil atau Secaba? Terima kasih anda sudah mengunjungi blog Taruna Akademi, pada kesempatan kali ini saya akan mencoba membuka pikiran anda untuk mengetahui kepribadian yang cocok karir militer anda, sebelum anda mendaftarkan diri ke sekolah tentara. Namun sebaiknya anda mengetahui dahulu seluk beluk Akmil dalam artikel saya sebelumnya yaitu Karir Militer Lulusan Akmil.

TEMUKAN BAKAT ANDA UNTUK MEMILIH PILIH AKMIL ATAU SECABA SECATA?

Ada pepatah mengatakan bahwa “tak kenal maka tak sayang’, dari pepatah tersebut kita juga dapat mengambil kesimpulan, seberapa kenal anda dengan diri anda sampai saat ini? Seberapa mengenal bakat dan minat anda terhadap diri anda sendiri? Atau jangan jangan anda memang belum mengenal diri anda sendiri. Saya harap anda bukan termasuk kedalam kategori yang ke tiga yaitu anda belum mengenal diri anda.

MENGAPA ANDA PERLU MENGENAL DIRI ANDA, PILIH AKMIL ATAU SECABA SECATA?

Bagi anda calon Taruna tentu saja anda sering berpikir bahwa anda akan sukses jika anda memilih sekolah perwira di usia muda, padahal nyatanya ada saja lulusan Akademi Militer yang karirnya mentok atau bahkan tidak memiliki jabatan penting di tempat dia bertugas, mengapa demikian? Hal ini mempunyai banyak faktor tentunya, kemungkinan dia adalah lulusan yang pas pasan sewaktu di Akmil dulu, atau bahkan memang dia tidak mampu menonjolkan diri, mungkin setelah dia lulus dari Akmil dia tidak mampu mengembangkan bakatnya secara optimal. Cerita semacam ini banyak sekali terjadi, banyak juga diantara lulusan Bintara yang secara karir dapat melebihi lulusan Akmil, hal ini terjadi karena memang dia sangat mengetahui betul diri pribadinya, sehingga dia bisa mengoptimalkan minat dan bakatnya, sehingga dia mendapatkan karir yang baik dimasa dinasnya.

CERITA KAWAN SEWAKTU MENDAFTARKAN DIRI KE SEKOLAH MILITER, PILIH AKMIL ATAU SECABA SECATA?

Diceritakan ada seorang pemuda yang terlahir dari keluarga yang sederhana, bahkan cenderung pas pasan. Karena pemuda ini tidak ingin merepotkan orang tuanya, dan ingin membuat bangga kedua orang tuanya akhirnya pemuda ini memutuskan menjadi seorang tentara. Sebelum pemuda ini mengikuti seleksi masuk tentara, pemuda ini terlebih dahulu mencari tahu tentang sekolah apa saja yang dapat menjadikan dia menjadi tentara, karena dia tidak ingin bingung pada saat memilih Akmil Secaba atau Secata, singkatnya pemuda ini mengetahui sekolah tentara seperti Akmil, Sekolah Bintara, dan Sekolah Tamtama.

Mendengar pembicaraan orang orang mengenai Akmil dan Bintara yang sangat susah dan harus mempunyai uang banyak untuk masuk, akhirnya pemuda ini memilih Sekolah Tamtama, pemuda ini berpikir bahwa dengan dia masuk sebagai Tamtama maka persaingannya akan semakin kecil dan tingkat keberhasilannya semakin besar. Sehingga diputuskan pemuda ini mengikuti Seleksi Masuk Tamtama. Sedikti tambahan informasi bahwa Sekolah Tamtama merupakan sekolah bagi calon Tamtama, ketika lulus dari sekolah tersebut maka pangkat yang akan didapatkan adalah PRADA (Prajurit Dua) pangkat terendah dilingkungan TNI. Waktupun berjalan, singkatnya pemuda ini dinyatakan gagal seleksi masuk Tamtama.

Disaat bersamaan telah dibuka penerimaan Calon Bintara melalui Sekolah Bintara, dengan sedikit keraguan karena faktor tidak lulus pada saat penerimaan Tamtama, waktupun berjalan seleksi penerimaan Bintara pun dimulai, setelah seleksi demi seleksi dilewati pada saat seleksi terakhir, pemuda ini kembali tidak lulus seleksi penerimaan Bintara.

Setelah dinyatakan gagal masuk TNI melalui jalur penerimaan Bintara, pemuda ini bergegas mencari tahu kembali tentang dibukanya penerimaan TNI, dan kebetulan pada saat itu sedang dibuka penerimaan Calon Taruna Akmil melalui pendidikan di Akademi Militer. Setelah berpikir dan sedikit rasa ragu dikarenakan gagal pada dua seleksi penerimaan TNI yaitu Tamtama dan Bintara, akhirnya pemuda itu memberanikan diri untuk mendaftar ke Penerimaan Taruna Akmil. Satu persatu seleksi penerimaan Taruna Akmil dapat dilaluinya dengan baik, dan akhirnya pemuda ini sampai pada seleksi terakhir atau biasa disebut PANTUKHIR (Pantauan Terakhir). Pemuda ini girang bukan main, dikarenakan dia tahu bahwa jika gagal di Pantukhir maka secara otomatis dia kan masuk ke SECABA tanpa mengikuti test kembali. Namun apa yang terjadi, yang awalnya pemuda ini menargetkan Pantukhir sebagai tergetnya, tidak disangka pemuda ini lulus dari Pantukhir, dan dinyatakan sebagai CAPRATAR (Capratar merupakan orang orang yang lulus seleksi masuk Akademi Militer), pemuda ini terkejut bahkan kaget, dia dari keluarga yang pas pasan bisa lulus Akmil tanpa mengeluarkan biaya sogok menyogok mengalahkan puluhan anak Jenderal yang bersamaan test nya pada waktu itu.

VALUE LISTEN CERITA DIATAS, PILIH AKMIL ATAU SECABA SECATA?

Nilai yang dapat kita ambil adalah minat dan bakat seseorang sudah ditentukan pada saat kita terlahir didunia ini, termasuk bakat anda yang ingin masuk dunia militer. Apakah anda berbakat menjadi Perwira? Apakah Anda berbakat menjadi Bintara? Atau kemungkinan bakat anda ada di Tamtama?

Kisah diatas menjelaskan semua, bahwa bakat pemuda tersebut adalah bakat seorang perwira yang dapat memimpin dengan baik, tentu pemuda ini tidak menyadari bakatnya ini. Tetapi psikotest dapat menggambarkan bakat anda dengan detail, sehingga pemuda ini gagal mengikuti seleksi Tamtamta dan Bintara, dan bisa tembus seleksi Akmil. Tidak disangka bukan?

Kenali diri dan bakat anda secara mendalam sebelum anda mengikuti seleksi penerimaan tentara, dan jangan salah menentukan memilih AKMIL SECABA atau SECATA. Saya hanya khawatir jangan jangan anda tidak berbakat menjadi tentara, atau bahkan anda hanya fans berat Akmil bukan karena anda ingin menjadi tentara, atau bahkan anda tidak mempunyai rasa cinta kepada negeri yang akhirnya membuat anda gagal mengikuti tes masuk akmil.

Semoga tulisan Pilih Akmil atau Secaba Secata ini dapat membuat semangat anda menjadi semakin kuat, saya doakan kalian calon Taruna dapat mengikuti tes dengan baik, dan jika artikel Pilih Akmil atau Secaba Secata ini bermanfaat bagi orang banyak, silahkan kalian bagikan artikel Pilih Akmil atau Secaba Secata kepada teman teman anda, melalui Facebook, Twitter ata Google+. Ganbattene !

Related Posts

Load comments

Comments