Tes Masuk AKMIL dan Jadwal Pendaftaran AKMIL

TES MASUK AKMIL

Tes Masuk AKMIL dan Jadwal Pendaftaran AKMIL
Tes Masuk Calon Taruna AKMIL
Persiapan Tes Masuk Akmil dan Jadwal Pendaftaran Akmil – Melihat banyaknya peminat yang menanyakan hal yang berkaitan dengan Seleksi Masuk Akmil dan Jadwal Pendaftaran Akmil, maka dari itu pada kesempatan kali ini saya akan memaparkan semua dalam satu artikel ini. Namun sebaiknya, anda melihat terlebih dahulu link berikut tentang Syarat Masuk Akmil yang perlu anda perhatikan, sebelum anda membaca artikel ini lebih jauh.

 JADWAL PENDAFTARAN TES MASUK AKMIL

Pembukaan pendaftaran Taruna Akmil biasanya dibuka pada bulan bulan Februari, Maret, sampai dengan awal minggu bulan April. Namun sebaiknya anda sudah menanyakan pembukaan tersebut di awal awal bulan Februari, dengan begitu anda akan lebih mengetahui jadwal tepat kapan dibukanya jadwal pendaftaran Akmil. Tanyakan kepada pihak pihak terkait mengenai pembukaan pendaftaran Akmil ke KORAMIL, KODIM, KOREM, atau KODAM terdekat, sehingga kepastian pembukaan pendaftaran akan lebih pasti anda ketahui.

BEBERAPA TES MASUK AKMIL YANG PERLU ANDA PESIAPKAN DENGAN BAIK

Seperti yang dikutip dari Wikipedia mengenai beberapa Tes Masuk Akmil yang akan anda lalui satu persatu. Sistem penyeleksian yang diterapkan Akademi Militer dalam penerimaan Taruna Akmil setiap tahunnya bersifat sistem gugur, yang berarti jika anda gagal dalam satu tes tertentu maka anda dinyatakan gugur, dan boleh mendaftar kembali tahun depan, namun dengan syarat batas maksimum usia anda tidak lebih dari 22 tahun. Dikarenakan sistem penyeleksian Akmil menggunakan sistem gugur, maka dari itu anda dituntut menjadi seorang calon Taruna yang memang benar benar siap secara fisik dan mental, agar setiap tes masuk Akmil yang akan anda lalui dapat anda lalui dengan nilai baik. Berikut ini merupakan tahapan seleksi Tes Masuk Akmil yang perlu anda perhatikan dan perlu anda persiapkan dengan sebaik baiknya:

 1. SELEKSI ADMINISTRASI

Pada tahap ini para calon Taruna sudah melampirkan seluruh dokumen dokumen diminta oleh panitia penyelenggara, pada tahap ini juga akan diperiksa keseluruhan dokumen dari para calon Taruna, seperti pemeriksaan form pendaftaran, ijasah dari SD sampai dengan SMA yang sudah dilegalisir, kartu keluarga, KTP, SKCK, surat keterangan dari orang tua dan wali, dan sebagainya . Jika para calon Taruna lulus dari seleksi ini maka akan berlanjut ke tahap seleksi selanjutnya, yaitu pemeriksaan tinggi badan dan berat badan, jika calon Taruna lolos tahap ini, maka peserta akan mendapatkan Nomer Peserta, yang nantinya akan ditempakan di baju calon Taruna sebagai Nomer Resmi calon Taruna selama mengikuti seleksi Taruna Akmil. Jika pada tahap ini calon Taruna gugur maka para calon Taruna tidak bisa lagi melanjutkan ke tahapan selanjutnya.

2. SELEKSI KESEHATAN TAHAP 1

Pada tahap ini para calon Taruna akan diperiksa kesehatannya hanya pada bagian luarnya saja, diantaranya adalah pemeriksaan tinggi badan dan berat badan, THT (Telinga Hidung Tenggorokan), pemeriksaan gigi, pemeriksaan mata jikalau terdapat minus sampai dengan tes buta warna, pemeriksaan tekanan darah, pemeriksaan varises pada kaki, pemeriksaan varikokel, pemeriksaan bentuk kaki apakah X atau O, pemeriksaan anus apakah terdapat ambeien, pemeriksasan penyakit kulit, dan khusus wanita akan diperiksasn tes keperawanan atau Virginitas, dan serangkaian tes kesehatan lainnya. Saya sarankan para calon Taruna dapat melakukan tes kesehatan sebelum dibukanya pendaftaran agar penyakit penyakit yang terindikasi dapat disembuhkan sesegera mungkin. Jika para peserta dinyatakan lolos tahap ini maka para calon Taruna akan masuk ketahap selanjutnya yaitu tahap Jasmani.

3. SELEKSI JASMANI (KESEMAPTAAN)

Pada seleksi jasmani ini para calon Taruna akan di tes kebugaran fisiknya, tes kebugaran fisik diantara lain sebagai berikut:

Tes Lari Untuk tes lari para calon Taruna harus mengelilingi 6 kali lapangan sepakbola dalam waktu 12 menit, sebaiknya anda dapat melakukannya kurang dari 12 menit, jika anda dapat melakukan lari 6 keliling kurang dari 12 menit maka anda akan mendapatkan point plus dibandingkan dengan peserta lainnya yang hanya mampu melakukan 6 kali keliling 12 menit. Khusus untuk calon Taruni wanita, minimal mengelilingi lapangan sebanyak 5 kali, jika lebih dari 5 kali maka itu sebagai point plus untuk anda. Usahakan para calon Taruna dan Taruni dapat memaksimalkan point ini, kalian dapat melatihnya setiap pagi atau sore hari sebelum kalian mendaftar.

Tes Renang Tes berikutnya adalah tes berenang, kalian para calon Taruna dan Taruni wajib berenang dengan gaya apa saja asalkan dapat berenang sejauh 25 meter dalam kurun waktu kurang dari 1 menit. Jika kalian dapat berenang sejauh 25 meter kurang dari 1 menit, maka kalian akan mendapatkan point plus dibandingkan dengan peserta lainnya.
Push Up & Sit Up Pada tes ini kalian harus melakukannya dengan dengan dan dengan sikap sempurna push up maupun sit up, tetapi sebaiknya push up dan sit up dapat dilakukan diatas 40 kali dalam satu menit.

Pull Up dilakukan dengan cara yang baik dan benar, kalian bisa tanyakan cara pull up yang baik itu seperti apa kepada tetangga kalian yang menjadi Tentara, dengan begitu kalian bisa mendapatkan tambahan informasi. Pull Up dilakukan minimal 10 kali.
Shuttle Run merupakan berlari dengan mengelilingi angka delapan sebanyak kali putaran secara berturut turut dan dengan waktu kurang dari 20 detik.
4. Tes Wawancara

5. Tes Psikologi

6. Tes Kesehatan Tahap 2

7. Tes Akademik

TAHAPAN TES MASUK AKMIL

Tingkat Pertama (Panda/Sub Panda), Panda merupakan Panitia Daerah, sedangkan Sub Panda adalah Cabang Panitia Daerah. Pada tes tingkat pertama ini kalian akan mengikuti deretan seleksi seperti: Pemeriksaan Administrasi, Pemeriksaan Kesehatan Tahap 1, Tes Jasmani atau SAMAPTA, Wawancara tentang Ideologi, Pemeriksaan Kesehatan Tahap 2, dan Pemeriksaan Psikologi Tahap 1. Pada tahapan ini sudah menggunakan sistem gugur untuk setiap testnya, ketika kalian dinyatakan lulus tahap pertama maka kalian akan masuk pada tahap selanjutnya.

Tingkat Kedua, Pada tahapan ke dua ini kalian yang lolos biasanya sekitar 20 orang dari masing masing KODAM akan masuk tahap ini. Berbeda dengan tahap pertama, pada tes tahap ke dua ini, pada setiap tesnya akan mendapatkan point yang nantinya di akhir tes tahap ke dua akan diakumulasikan, sebagai syarat untuk masuk tes selanjutnya. Adapun tesnya meliputi: Pemeriksaan Administrasi, Pemeriksaan Kesehatan Tahap 3, Pemeriksaan Jasmani atau SAMAPTA, dan Wawancara. Jika pada tahap ini kalian lulus makan akan berlanjut pada tahapan terakhir pada Seleksi Tes Masuk Akmil.

Tingkat Ketiga, tahap terakhir dari serangkaian tahapan yang harus kalian jalani, pada tahap ini juga jika kalian tidak lulus maka kalian akan mendapatkan pilihan masuk SECABA atau Bintara TNI-AD tanpa mengikuti tes masuk BINTARA, atau kalian tidak mengambilnya dan bisa mengikuti tes pada tahun berikutnya. Pada tahap ini akan ada pemeriksaan yang sama seperti seleksi tahap kedua yaitu seleksi berkelanjutan, yang diantaranya adalah: Pemeriksaan Administrasi, Pemeriksaan Kesehatan Tahap 4, Pemeriksaan Jasmani atau SAMAPTA, Wawancara, Tes Psikologi Tahap 2, dan Seleksi Akademik. Jika kalian lulus pada tahapan ini maka SELAMAT kalian sudah menjadai CAPRATAR (Calon Prajurit Taruna) yang siap digembleng menjadi Taruna dikawasan pendidikan Akademi Militer untuk melaksanakan Pendidikan Dasar Keprajuritan Kawah Candradimuka selama kurang lebih 3 bulan, dan setelah itu akan dilantik menjadi PRATAR (Prajurit Taruna). Lihat juga urutan pangkat di Akmil.

Sekian informasi Tes Masuk Akmil yang dapat saya sampaikan, semoga dapat membantu teman teman yang ingin masuk Akademi Militer, saya harapkan anda dapat mempersiapkan diri untuk menghadapi serangkaian tes masuk akmil yang panjang, silahkan kirimkan komentar anda, dan share artikel tes masuk akmil ini jika memang artikel ini dianggap baik dan berguna bagi orang orang yang membutuhkan informasi mengenai Tes Masuk Akmil.

Related Posts

Load comments

Comments