Kegiatan Taruna AKMIL Selama Mengikuti Pendidikan

KEGIATAN TARUNA AKMIL

Kegiatan Taruna AKMIL Selama Mengikuti Pendidikan
Kegitana Para Taruna AKMIL

Kegiatan Taruna Akmil Selama Mengikuti Pendidikan – Selamat pagi kawan Taruna Akademi, semoga kalian dilimpahkan rahmat dan karunia oleh Tuhan Yang Maha Esa. Setelah selesai dengan beberapa tulisan yang saya anggap penting untuk masuk ke Akademi Militer, saat ini saya akan melanjutkan artikel yang masih tetap dengan Tema Akmil yaitu, Kegiatan Taruna Akmil.

MENGAPA SAYA PERLU MENGANGKAT TEMA KEGIATAN TARUNA AKMIL?

Pada artikel ini saya akan coba memaparkan kegiatan taruna Akmil sehari hari, mulai dari bangun pagi sampai tidur kembali dimalam hari. Mengapa perlu saya angkat tema ini? Jawabannya adalah karena saya ingin para calon Taruna yang membaca artikel ini sedikitnya mengetahui kegiatan kegiatan apa saja yang nantinya akan dilakukan para Taruna pada masa pendidikan selama empat tahun di Lembah Tidar Magelang.

BANGUN PAGI, KEGIATANPUN DIMULAI!

Awal kegiatan yang dilakukan para Taruna Akmil adalah bangun pagi, bangun pagi dilakukan secara bersamaan pada pukul 04.00 pagi, dan biasanya para Taruna jaga melakukan peniupan terompet, sebagai tanda para Taruna harus bangun pagi, lalu para Taruna membereskan tempat tidurnya dengan rapi, setelah itu bergegas melakukan sholat shubuh untuk para Taruna yang beragama Islam. Untuk para Taruna yang Non Muslim biasanya mereka melakukan kegiatan seperti pemanasan sambil menunggu para Taruna Muslim selesai sholat subuh.

Setelah para Taruna yang berapa Islam selesai sholat subuh, maka selanjutnya para Taruna melakukan persiapan olah raga pagi, mereka mengganti pakaian mereka (pakaian olah raga) dan bergegas melakukan olah raga pagi yang merupakan kewajiban para Taruna agar badan mereka selalu segar dan bugar, serta stamina mereka tetap terjaga dengan baik. Setelah para Taruna selesai berolah raga, maka selanjutnya para Taruna melakukan persiapan dan berkemas (mandi, dan memakai baju seragam). Selanjutnya mereka bersama sama melakukan makan pagi bersama. Selesai berkemas dan makan pagi para Taruna melakukan apel pagi.

Selanjutnya pada pukul 08.00 para Taruna melakukan kegiatan belajar mengajar didalam kelas atau praktek diluar kelas (lapangan). Kegiatan belajar didalam kelas biasanya untuk para Taruna baru merupakan kegiatan yang berat, karena disamping mereka lelah oleh aktifitas kemarin, mereka pada saat belajar didalam kelas para Taruna baru biasanya terkantuk kantuk didalam kelas, dikarenakan proses adaptasi yang baru mereka jalani dari warga sipil menjadi seorang militer, yang tentunya memiliki ritme yang berbeda dalam melakukan kegiatan.

Selesai melakukan kegiatan belajar didalam ruang kelas maupun dilapangan, sekitar pukul 14.00 para Taruna melakukan kegiatan ekstra kurikuler, tentunya dengan minat bakat masing masing, seperti melakukan olah raga sesuai cabang olah raga, atau melakukan latihan drum band genderang suling, yang merupakan drum band kebanggan para Taruna Akademi Militer yaitu Drumband Canka Lokananta yang berarti “Suara dari Surga”. Selesai para Taruna melakukan kegiatan ekstrakurikuler, selanjutnya mereka melakukan makan malam bersama, yang dilanjutkan dengan balajar malam, kegiatan belajar malam dilakukan agar ilmu yang mereka dapat pada pagi pada saat belajar diruang kelas atau dilapangan dapat mereka pahami dengan baik.

Setelah itu, para Taruna melakukan persiapan Apel Malam yang dilakukan pada waktu 22.00, apel malam dilakukan sebagai tanda berakhirnya kegiatan harian pada hari itu. Kegiatan ini merupakan kegiatan baku, tentunya akan ada banyak kegiatan diluar yang saya tulis pada artikel ini, seperti pesiar yang dilakukan pada hari sabtu atau minggu, atau melakukan kunjungan taruna yang biasanya mereka menampilkan drumband kebanggan mereka yaitu, Genderang Seruling Canka Lokananta. Sekian informasi kegiatan para Taruna sehari hari dalam artikel Kehidupan Taruna Akmil, nantikan artikel saya selanjutnya. Sebagai tambahan informasi. SEMANGAT!!!

Related Posts

Load comments

Comments