Daftar Urutan Pangkat TNI dan Polri

DAFTAR URUTAN PANGKAT TNI DAN POLRI

Daftar Urutan Pangkat TNI dan Polri
Daftar Urutan Pangkat TNI dan Polri
Jenjang Kepangkatan Serta Daftar Urutan Pangkat TNI dan POLRI – Setelah sekian banyak saya menuliskan materi materi tentang TNI khususnya AKMIL dan Kepolisian, hampir saja saya melewatkan materi penting ini, karena mungkin banyak diantara teman teman semua yang belum mengetahui jenjang kepangkatan Daftar Urutan Pangkat TNI dan POLRI. Karena dari setiap sekolah baik itu dari TNI dan Polri akan berpengaruh pada pangkat pertama yang nantinya kalian akan sandang dikali pertama anda dinyatakan lulus dari sekolah TNI atau Polri.


DAFTAR URUTAN PANGKAT TNI DAN POLRI # MENGENAL GOLONGAN KEPANGKATAN TNI DAN POLRI

Sebelum saya memberikan penjelasan yang mendetail dari satu persatu pangkat yang ada di TNI dan Polri, sebaiknya anda mengetahui golongan kepangkatan yang ada di TNI dan Polri saat ini. Sampai dengan tahun ini, TNI dan Polri memiliki 3 golongan pangkat yaitu, Perwira, Bintara, dan Tamtama, yang dimana dari ketiga golongan pangkat tersebut memiliki golongan kepangkatan juga. Perlu anda ketahui bahwa letak pangkat pada TNI dan Polri ada sedikit perbedaan, untuk TNI tidak semua letak pangkat berada dipundak namun ada juga dilengan, tetapi untuk Kepolisian semua letak pangkat berada dipundak. Untuk mempersingkat saya akan langsung saja memberikan pemaparan mengenai golongan kepangkatan dari tertinggi sampai dengan terendah.

DAFTAR URUTAN PANGKAT TNI DAN POLRI # GOLONGAN KEPANGKATAN PERWIRA TINGGI TNI DAN POLRI

Lambang Pangkat untuk golongan kepangkatan Perwira Tinggi adalah Bintang, dan letaknya dipundak berwarna emas. Dimulai dari bintang satu sampai dengan bintang empat. Khusus bintang lima hanya diperuntukan kepada tiga orang saja, yaitu Jenderal Besar Soeharto, Jenderal Besar A.H Nasution, dan Jenderal Besar Soedirman, perlu anda ketahui juga Jenderal Bintang 5 bukan termasuk pangkat, namun sebuah bentuk penghargaan tertinggi untuk mereka yang banyak berjasa dan banyak melakukan perubahan mendasar serta banyak menyalurkan ide ide yang menjadikan TNI semakin baik dan terus berkembang hingga sampai saat ini. Untuk menjadi seorang Perwira Tinggi di jajaran TNI, harus melalui sekolah komando yang bernama SESKO TNI (Sekolah Staff dan Komando TNI) yang berlokasi di Bandung. Untuk Kepolisian harus lulus dari SESPATI atau sekolah yang setara SESPATI, karena ada beberapa Jenderal di Kepolisan yang tidak melalui SESPATI namun bisa menjadi Perwira Tinggi Kepolisian. Berikut ini pangkat yang termasuk pada golongan pangkat Perwira Tinggi atau PATI.


DAFTAR URUTAN PANGKAT TNI DAN POLRI # GOLONGAN KEPANGKATAN PERWIRA MENENGAH TNI DAN POLRI

Lambang dari Perwira Menengah atau PAMEN adalah melati, dimulai dari melati satu sampai dengan melati tiga. Letak pangkat untuk golongan kepangkatan Perwira Menengah adalah dipundak dengan warna lambang emas kekuning kuningan. Sekedar informasi, untuk mencapai golongan kepangkatan Perwira Menengah biasanya berasal dari lulusan Akademi TNI / Akademi Kepolisian / Pewira Karir. Namun tidak menutup kemungkinan lulusan Sekolah Bintara atau dari lulusan Sekolah Tamtama bisa menjadi Perwira Menengah dengan syarat mereka harus benar benar berprestasi dan menonjol dimatranya masing masing. Biasanya jika sudah berpangkat Mayor atau Letkol (pada Kepolisian Kompol atau AKBP) akan diberikan kesempatan masuk sekolah komando masing masing matra yaitu SESKO AD, SESKO AL, SESKO AU, jika di Kepolisian SESPIM, dengan syarat umur tentunya berlaku. Jadi jika ada seorang Mayor atau Letkol yang sudah melebihi batas usia maksimal masuk SESKO atau SESPIM maka Perwira tersebut tidak bisa melanjutkan sekolah ke SESKO atau SESPIM masing masing matra.


DAFTAR URUTAN PANGKAT TNI DAN POLRI # GOLONGAN KEPANGKATAN PERWIRA PERTAMA TNI DAN POLRI

Golongan  kepangkatan pada Perwira Pertama dimulai dari Letnan Dua sampai Kapten, sedangkan di Kepolisian dimulai dari Inspektur Dua sampai dengan Ajun Komisaris Polisi. Lambang dari golongan kepangkatan Perwira Pertama adalah balok kuning, letak lambang pangkat golongan Perwira Pertama berapa dipundak, baik itu dari TNI maupun POLRI. Untuk mencapai golongan kepangkatan Perwira Pertama, terdapat tiga jalur yaitu:

  1. Anggota TNI yang berasal dari Bintara, lalu mengikuti jalur pendidikan SEPA atau Sekolah Perwira, sedangkan untuk Kepolisian adalah SAG (Sekolah Alih Golongan). Lama pendidikan Sekolah Perwira adalah 8 bulan.
  2. Berasal dari masyarakat sipil, yang mengikuti Akademi TNI atau Akademi Kepolisian selama 4 tahun.
  3. Berasal dari masyarakat sipil, yang mempunyai ijasah Sarjana dapat mengikuti pendidikan Perwira Karir untuk TNI, sedangkan di Kepolisian disebut SIPSS.

Setelah lulus dari sekolah sekolah yang sudah saya sebutkan diatas, maka selanjutnya mereka akan dilantik menjadi Perwira Pertama dengan pangkat LETDA (Letnan Dua). Khusus untuk lulusan Akademi Militer, AAL, dan AAU, biasanya penugasan pertama mereka adalah menjadi Danton (Komandan Peleton) di masing masing kecabangan.


DAFTAR URUTAN PANGKAT TNI DAN POLRI # GOLONGAN KEPANGKATAN BINTARA

Golongan kepangkatan Bintara dimulai dari pangkat Sersan Dua sampai dengan Peltu. lambang Golongan kepangkatan Bintara adakah V kuning, dengan letak lambang pangkat dilengan, sedangkan di Kepolisian tetap berada dipundak. Untuk menjadi seorang Bintara terdapat 2 jalur yang dapat dilakukan. Berikut ini merupakan jalur Bintara tersebut:

  1. Berasal dari anggota TNI atau Polri, yang melanjutkan pendidikan Sekolah Bintara.
  2. Berasal dari masyarakat sipil, melalui jalur pendidikan SECABA untuk TNI, sedangkan SEBA untuk Kepolisian.


DAFTAR URUTAN PANGKAT TNI DAN POLRI # GOLONGAN KEPANGKATAN TAMTAMA


Golongan kepangkatan Tamtama terdiri dari beberapa pangkat, yang dimulai dari Prajurit Dua sampai dengan Kopral Kepala untuk TNI, sedangkan di Kepolisian dimulai dari  Bhayangkara Dua (Bharada) sampai dengan Ajun Brigadir Polisi (Abrip). Warna lambang lambang yang termasuk pada golongan kepangkatan Tamtama berwarna merah, untuk letaknya berada di lengan dengan lambang strip, dengankan di Kepolisian masih tetap berada dipundak.

Related Posts

Load comments

Comments